08

BPJS Mudahkan Masyarakat Akses Pelayanan Hingga Luar Daerah

  • Admin Desa Jembatan Kembar

Rapat kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dilaksanakan di Kantor Camat Sekotong Kabupaten Lombok Barat pada selasa (12 September 2023) yang di hadiri oleh Kepala Cabang BPJS, Camat Sekotong dan Lembar, juga para Kades di dua Kecamatan tersebut, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesos pada masing masing Kecamatan serta para Operator masing-masing Desa. 

Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional ini untuk memberikan perlindungan kesehatan dalam bentuk manfaat pemeliharaan kesehatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. Sampai tahun 2023 ini kepesertaan BPJS baru mencapai 91,17  persen dan untuk tahun depan di harapkan sudah seratus persen mengingat untuk anggaran tahun depan akan sering ada anggaran dari Pemerintah Daerah (Pemda) serta anggaran dana desa. 

Kepala cabang BPJS Lombok Barat  mencontohkan Kota Mataram dan KLU maka untuk pelayanan BPJS kesehatan bisa di akses hanya dengan KTP saja. Selain itu juga, mudah diakses dan digunakan, serta dikelola secara benar.

Adapun manfaatnya adalah akses pengobatan tidak hanya mendapatkan pelayanan di daerah saja namun bisa di rujuk sampai luar daerah. Sementara Camat Lembar dalam sambutannya meminta pelayanan maksimal dari BPJS karena kebutuhan akan jaminan kesehatan di pandang sangat urgen.

"dalam rangka pelaksanaan program jaminan kesehatan ini saya harap BPJS akan lebih mudah di pergunakan karena adanya penggunaan KTP untuk mempermudah kita dalam akses pelayanan kesehatan kedepannya".

(Jembatan Kembar / FDIK UIN Mataram / Baiq Dewi Rahmatul Ummah & Ernita)